TEKNOLOGI

Diskominfotiksan Gelar Evaluasi, Raker Dewan dan Tim Pelaksana Smart City

1197
×

Diskominfotiksan Gelar Evaluasi, Raker Dewan dan Tim Pelaksana Smart City

Sebarkan artikel ini
Maksimalkan Penerapan Kota Cerdas Dumai, Diskominfotiksan Gelar Evaluasi, Raker Dewan dan Tim Pelaksana Smart City, Foto: Es

DUMAI – Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Dumai gelar Sosialisasi Masterplan dan Quick Win Smart City (Kota Cerdas) Dumai, bertempat di Ruang Pertemuan Cititel Dumai, Rabu (13/9/2023).

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Walikota Dumai H Paisal, SKM., MARS., diwakili Asisten III (Administrasi Umum) Sekretariat Daerah Kota Dumai, H. Muhammad Syafie, S.Sos., M.Si., disanding dengan Evaluasi Pelaksanaan Implementasi Kota Cerdas dan Rapat Kerja Dewan dan Tim Pelaksana Smart City Tahun 2023.

Sebagai Informasi, Kota Dumai terpilih menjadi salah satu dari 50 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia yang masuk dalam program Gerakan Menuju Kota Cerdas tahun 2023.

Sebanyak 4 kali Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap penyusunan masterplan Smart City dan Quick Win Program Unggulan Kota Dumai telah dilaksanakan, hingga penutupannya ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama, Dumai menuju Kota Cerdas.

“Pada hari ini, bersama kita lakukan evaluasi dari program-program yang telah disepakati guna mendukung smart city di Kota Dumai yang telah dijalankan bersama dalam jangka waktu 1 tahun, dengan pendampingan dari Tenaga Ahli Smart City serta melibatkan Tim Pelaksana dan Dewan Kota Cerdas,” ucap Syafie dalam sambutannya.

Lebih lanjut disampaikannya, Kota Dumai telah menghasilkan 6 tema besar Quick Win Smart City, yaitu Si-LAWO (Smart Governance), Kampung Kuliner (Smart Branding), Si-Naker (Smart Economy), Sakti Q-RIS (Smart Living), sistem pengolahan air bersih dari air gambut (Smart Society), dan Khidmat Kebersihan (Smart Environment). Menurutnya, enam pilar tersebut saling terkait dan menyentuh seluruh dinamika yang terjadi di Kota Dumai.

Atas nama Pemerintah Kota Dumai, Syafie mengucapkan terima kasih kepada segenap stakeholder dan OPD terkait yang telah menjalankan program enam pilar tersebut.

“Ini merupakan sebuah usaha yang berkelanjutan, bertahap dan bersifat multi sektoral. Tidak dapat dipungkiri bahwa keterlibatan semua pihak dalam mewujudkan Dumai Smart City sangat-sangat berpengaruh. Oleh karena itu, penting dilakukannya evaluasi secara konsisten guna melihat efektifitas dan efisiensi program-program tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, terkait rapat kerja dewan dan tim pelaksana smart city, Kepala Diskominfotiksan Dumai, Drs. H. Khairil Adli, M.Si., menyambut baik diselenggarakannya rapat evaluasi Smart City tahun 2023. Ia juga menerima sejumlah masukan serta progres Quick Win Smart City di tahun ini.

Menurutnya ini merupakan bagian dari strategi untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan.

“Kami berharap, ke depannya penerapan smart city di Kota Dumai dapat semakin dimaksimalkan, melalui rencana kerja terukur yang dilaksanakan oleh OPD juga pengurus dewan dan tim pelaksana smart city Kota Dumai,” sebutnya.

Disisi lain, Kepala Bidang (Kabid) Layanan Aplikasi e-Government Diskominfotiksan Kota Dumai, H. Fadly Rasbullah, S.HI., M.IP., dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan yang ditaja kali ini bertujuan untuk mengevaluasi kemajuan dan pencapaian Kota Dumai dalam implementasi program Smart City.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap peserta memperoleh pemahaman tentang Dumai Smart City-tantangan dan harapannya kedepan. Semoga smart city Kota Dumai mendapatkan perhatian yang serius dari semua pihak terkait, khususnya Dewan Smart City dan Tim Pelaksana Smart City Kota Dumai,” pungkasnya.

Agenda sosialisasi sekaligus evaluasi ini diperkuat dengan pemaparan materi yang disampaikan Prof. Dr. Okfalisa, ST, Msc, Dosen dari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan Kepala Diskominfotiksan Dumai, Drs. H. Khairil Adli, M.Si.

Turut hadir Danlanal Dumai atau yang mewakili, unsur Forkopimda Kota Dumai atau yang mewakili, dan Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kota Dumai, BUMN dan instansi vertikal.(diskominfo)